Raditya Dika si Radikal (ep. 2)


Di artikel sebelumnya Inkubuku membahas sepak terjang Raditya Dika di dunia sastra, kali ini Inkubuku akan membahas sepak terjang Raditya Dika di segmen dunia hiburan yang lain. Apa itu? Ayo simak bersama-sama.

***

Raditya Dika tak henti menggebrak industri hiburan di Indonesia. Setelah berhasil menginspirasi generasi muda dengan aliran sastra “ringan dan menghibur”, Raditya mencoba bereksperimen lebih jauh: Stand Up Comedy.

Komedi Indonesia waktu itu (sebelum kehadiran Radit dan teman-teman Stand Up Comedy), didominasi oleh komedi bergaya slapstick yang kental. Hina sana, hina sini; pukul sana, pukul sini; dorong sana, dorong sini. Paradigma “tawa” adalah buah pelecehan, penghinaan, penderitaan dan diskriminasi terus-menerus dikembangbiakan oleh acara-acara komedi populer. Sebagian besar penonton menikmati. Sebagian lagi jenuh terhadap standardisasi komedi yang terjadi. Mungkin Radit salah satunya.

Akhirnya, bersama Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, dan teman-teman lainnya, Radit menawarkan rasa yang berbeda. Dimulai dari Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang digelar oleh salah satu saluran televisi swasta Indonesia, mereka mengambil pertaruhan besar. Sebuah bentuk komedi berbeda, hanya satu orang berdiri di panggung, ditonton jutaan penonton, berbicara sendiri selama 10 sampai 15 menit.  Di luar ekspektasi, penonton memberi apresiasi. Stand Up Comedy kemudian banyak direplikasi dan diduplikasi, dan pastinya dinanti.

Kumpulan Kata-Kata Raditya Dika

Selain Stand Up Comedy, Radit juga bereksperimen dengan sitkom berjudul Malam Minggu Miko, yang diawali sebagai seri video yang diunggah tiap minggu di laman Youtube. Malam Minggu Miko bercerita tentang kehidupan percintaan Miko (Raditya Dika) yang tak kunjung berhasil. Tidak seperti kisah cintanya, ternyata seri Malam Minggu Miko cukup laris manis, hingga berhasil ditayangkan sebagai serial televisi berjudul sama.

Tak bisa dimungkiri lagi, Raditya Dika adalah ikon. Dia berhasil merubah paradigma hiburan menjadi lebih berisi, kaya konten, tapi tetap dikemas dengan gaya yang ringan dan menghibur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s