Supernova : Petir


Novel Supernova : Petir menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Elektra yang memiliki bakat aneh. Seperti yang tercantum pada judul buku ini, Dee menghidupkan seorang karakter yang memiliki hubungan aneh dengan petir. Pengalaman pernah tersengat listrik dan memiliki ayah seorang tukang listrik (lebih tepatnya ahli barang elektronik) membuat Etra, panggilan Elektra, seperti bersahabat baik dengan petir.

Etra yang hidup sendiri karena ditinggal mati sang ayah dan jauh dari kakaknya memiliki kehidupan yang sederhana. Seakan-akan, ia hidup hanya untuk hari ini dan tidak pernah memikirkan apa yang akan terjadi besok.

Hidup Etra yang absurd juga tercermin dari usaha yang ia dirikan bersama dua orang tokoh lainnya, Mpret dan Kewoy. Mulai dari wartel, warnet, hingga akhirnya ia mencoba bakat alaminya untuk membuka usaha pengobatan alternatif dengan memanfaatkan bakat listriknya dengan dibantu seseorang yang ia panggil Ibu Sati. Buku ini menceritakan naik turun kehidupan Etra dengan segala bakat aneh yang ia miliki.

Supernova : Petir merupakan novel ketiga dari seri Supernova karya Dee. Dibandingkan dengan buku Dee lainnya, Petir merupakan wadah Dee untuk menuangkan selera humornya. Ceritanya yang sederhana dan asyiknya Dee dalam bermain dengan lelucon dan juga footnote membuat buku ini “diingat”.

Kalau namaku Elektra dan ayahku tukang listrik, bisakah kalian tebak siapa nama kakakku? Watti. Ya, dengan dua t.

Bagi yang rindu dengan kehadiran Bodhi, kawan dari buku ke dua Supernova : Akar, akan ada sedikit kejutan di buku selanjutnya. Ia akan muncul dan berkenalan salah satu tokoh yang dihidupkan Dee.

Bagi kalian yang menyukai ide-ide mendalam dan filosofis ala Dee mungkin akan sedikit kehilangan itu semua di buku ini. Kesan yang ditimbulkan oleh buku ini begitu berbeda dengan dua buku sebelumnya karena lebih mudah dicerna dengan absennya filosofi-filosofi berat khas Dee.  Buku ini ringan dan manis, seperti halnya cemilan di sore hari.

Judul : Supernova – Petir
Penulis : Dewi “Dee” Lestari
Penerbit : PT. Truedee Pustaka Sejati
Tahun Terbit : 2004
Jumlah Halaman : 225 halaman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s