Supernova : Partikel


Dewi “Dee” Lestari seperti tidak pernah kehabisan ide. Kali ini ia bermain dengan biologi dan kawan-kawannya. Partikel merupakan buku ke empat dari saga Supernova.

“Kalau lawan bicaramu mendengar dengan sepenuh hati, beban pikiranmu menjadi ringan. Kalau kamu tambah ruwet, meski yang mendengarkanmu tadi seolah serius mendengar, berarti dia tidak benar-benar hadir untukmu.”
― Dee, Supernova: Partikel

Pada kesempatan kali ini, tokoh bernama Zarah-lah yang mengajak kita menyelam lebih dalam menuju palung imajinasi Dee. Zarah adalah seorang gadis yang dibesarkan di lingkungan yang tidak biasa.

Ayahnya, Firas, seorang jenius biologi yang misterius dan mencintai mikologi atau ilmu jamur, memilih untuk mendidik anaknya dengan caranya sendiri dibandingkan dengan tunduk pada sistem sekolah formalZarah mau tidak mau dianggap memiliki sifat bawaan ayahnya dan mendapat perlakuan yang cukup rumit setelah ayahnya menghilang.

Namun Zarah tidak memilih pathway yang sama dengan sang ayah. Ia menjadi seorang fotografer dan bepergian ke tempat-tempat baru.

Sebenarnya cerita yang ditawarkan oleh Dee melalui Zarah cukup sederhana. Konflik yang mampir ke kehidupan tokoh-tokoh yang dihidupkan dalam buku ini adalah konflik yang biasa ditemui, misalnya keluarga, percintaan, dan pencarian jati diri. Namun konflik yang sederhana tersebut dibalut oleh gaya bahasa Dee yang luas dan “intelek”.

“Akhirnya ku mengerti betapa rumitnya konstruksi batin manusia. Betapa sukarnya manusia menanggalkan bias, menarik batas antara masa lalu dan masa sekarang. Aku kini percaya manusia dirancang untuk terluka.”
― Dee, Supernova: Partikel

Dee cukup sukses membuat rindu para penggemarnya karena waktu penerbitan buku ketiga dan keempat cukup jauh. Seharusnya Partikel bisa menjadi obat dari kerinduan itu.

Judul   Buku              : Supernova: Partikel

Penulis                      : Dee

Penerbit                     : Jakarta: Bentang Pustaka, 2012

Tebal                          :  493 halaman tidak termasuk Cover

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s