SUPERNOVA: AKAR


scan0001

“…hidup ibarat memancing Kali Ciliwung. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan kamu dapat: ikan, impun sandal jepit, taik, bangkai dan benda-benda lain yang tak terbayangkan. Dan, nggak perlu dibayangkan. Jangan pernah tebak-tebakan dengan Kali Ciliwung tentang isi perutnya…” (Akar, hal. 244)

Novel Supernova Episode Akar mengangkat kehidupan tokoh utama, Bodhi, dalam petualangannya sebagai backpacker. Petualangannya dalam rangka menemukan “kesejatian”, yaitu sebuah kebahagiaan yang hakiki.
Kesejatian tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan yang selama ini jadi bahan perenungan dan kebimbangan Bodhi.

Bodhi yang yatim piatu juga ingin mengetahui sebenarnya dari mana asalnya dirinya, dari manakah akar ia berasal. Hal ini sesuai dengan judul novel ini yaitu Akar.

Petualangannya sebagai backpacker dimulai dari Medan hingga mendaratkannya di Bangkok. Di sana ia dipertemukan dengan Kell, seorang ahli tato. Sampai akhirnya Bodhi berkelana bersama Kell ke Kamboja dan kembali lagi ke Indonesia, Bodhi terus mencari asal-usulnya dalam tiap langkahnya.

Setelah memberikan banyak pemahaman tentang ‘fisika-filsafat’ di serial Supernova pertama, Dee lewat serial keduanya hadir dalam konsep-konsep Budhisme. Manusia haruslah menyelesaikan tugas akibat dari akibat perbuatannya masa lalu, bereinkarnasi kembali ke dunia dalam kemisteriusan. Buku setebal 221 ini jika dibandingkan dengan serial pertama lebih ringan dengan konsep-konsep yang dijelaskan secara mengalir.

Alur cerita pada buku ini sangat tidak tertebak. Fragmen-fragmennya tersusun secara mengejutkan. Tak heran, jika ketegangan sering dirasakan dan menjadikan buku ini tidak bisa dilepaskan karena rasa penasaran 🙂

“…life is all about how to control our minds and how to make use our limited knowledge” (Akar, hal. 156)

***

Judul novel    : Supernova: Akar

Penulis             : Dewi Lestari/Dee

Penerbit          : Truudee Books

Tahun terbit  : 2002

Halaman         : 221

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s