RECTOVERSO


 

4815886

Berbeda dengan novel-novel sebelumnya, kali ini Dee mempersembahkan karya yang tidak biasa, yaitu 11 cerpen serta 11 lagu sekaligus dalam satu kesempatan. Untuk itu, Dee memberi judul karyanya kali ini Rectoverso, sebuah istilah untuk dua citra yang seolah terpisah tapi sesungguhnya satu kesatuan, saling melengkapi. Tema yang disajikan sebetulnya sederhana, sering terjadi dalam keseharian, namun terkadang disampaikan dalam bahasa-bahasa yang mampu membuat kening berkerut untuk memahaminya.

“Rasakan semua, demikian pinta sang hati.  Amarah atau asmara, kasih atau pedih, segalanya indah jika memang tepat pada waktunya. Dan inilah hatiku, pada dini hari yang hening.  Bening. Apa adanya.”  (Rectoverso, 2008)

Kisah-kisah yang sangat menarik. Sebuah cermin dari dua dunia Dee yang ia ekspresikan dalam nafas kreativitas tunggal bertajuk Rectoverso. Dengar fiksinya, baca musiknya.

1. CURHAT BUAT SAHABAT

Kisah ini menceritakan tentang curahan hati seseorang wanita kepada sahabat lelakinya. Lima tahun wanita tersebut tergila-gila dengan seseorang, dan baru menyadari kalau ternyata orang yang dia cintai setengah mati itu adalah orang yang salah.

Melalu kisah ini Dee berpesan bahwa terkadang, orang yang kita harapkan membuat diri kita bahagia ternyata bukan orang yang selama ini diharapkan menjadi pasangan kita.

2. MALAIKAT JUGA TAHU

Tahukah kamu, bahwa “Terkadang ‘malaikat’ itu tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan” Itu tema yang ingin disampaikan Dee di cerita ini.

Seorang ibu mempunyai 2 orang anak, si Abang dan si Adik. Si Abang memiliki keterbelakangan mental, tapi cukup cerdas.  Si Abang bersahabat dengan seorang perempuan dan jatuh cinta. Tapi ternyata perempuan ini jatuh hati dengan Adiknya.

Siapakah akhirnya laki-laki yang akan dipilih oleh perempuan tersebut?

3. SELAMAT ULANG TAHUN

Bagaimana rasanya, jika seseorang yang selama ini kita anggap paling spesial. Justru ternyata melupakan hari ulang tahun kita? Memang cukup simple, hanya rangkaian kata-kata “Selamat Ulang Tahun”. Tapi dampak dari 3 kata itu cukup dahsyat, terutama bagi perempuan yang mengharapnya.

4. AKU ADA

Kisah ini tentang seseorang yang setia menantikan kekasihnya yang telah pergi, meski dia telah memiliki penggantinya. Ritual penantian ini selalu dilakukan setiap hari di tepi pantai menjelang sunset. Tanpa disadari, seseorang yang dinantinya itu selalu mengawasinya, meski dari kejauhan, dan dunia yang berbeda.

Sebuah kisah yang sangat romantis, tentang arti sebuah kesetiaan.

5. HANYA ISYARAT

Cerita ini bertutur tentang pengagum rahasia. Sesorang yang hanya mampu mengagumi seseorang tanpa orang itu tahu, meski jaraknya hanya tinggal beberapa centimeter di depannya.

6. PELUK

Ketika 6 tahun kebersamaan, tidak mampu membuat pasangan bisa bertahan. Ketika sebuah peluk, menjadi  salam perpisahan terakhir.

7. GROW DAY OLDER

Salah satu dari dua cerita berbahasa Inggris di kumpulan cerpen ini. Berkisah tentang sebuah perselingkuhan penuh kebimbangan.

8. CICAK DI DINDING

Kisah yang menceritakan persahabatan antara dua laki-laki yang terlibat dalam cinta segita karena mencintai wanita yang sama.

9. FIRASAT

Ini termasuk cerita pilu. Ketika seorang perempuan mengagumi seorang lelaki yang ditemuinya di sebuah Klub Firasat. Pemuda itu adalah pemimpin Klub.

Selama ini, perempuan tersebut hanya sebagai pendengar, tidak pernah ikut berbagi ataupun menanggapi. Hingga pada suatu kesempatan, dia bisa lebih dekat mengenal lelaki itu. Tapi sayangnya tak lama setelah itu, lelaki itu harus pergi.

10. TIDUR

Dua tahun sang istri meninggalkan suami dan kedua anaknya untuk mengejar karir di negeri orang. Ketika dia memutuskan untuk kembali ke pelukan keluarganya, sebagai kejutan dia tak memberitahukan perihal kedatangannya.

11. BACK TO HEAVENS LIGHT

Ini cerita terakhir dari dua cerita yang menggunakan Bahasa Inggris di buku ini. Menceritakan bagaimana pilunya hati seorang istri yang ditinggal pergi suaminya. Ketika detik-detik menjelang kematiannya, dia seperti merasakan dejavu.

 

“Rectoverso adalah lompatan dari buku-buku Dee sebelumnya. Karya ini membuat kita menghargai, menghormati, dan menikmati dunia personal.'”- Seno Gumira Ajidarma –

Rectoverso karya Dee ini juga sukses diangkat ke layar lebar pada tanggal 14 Februari 2013 dan mendapatkan rating yang cukup baik menurut http://www.imdb.com/title/tt2773732/ yaitu 7,3. Film ini disutradarai oleh lima sineas muda berbakat yaitu:

1. Marcella Zalianty – Malaikat Juga Tahu

2. Rachel Maryam – Firasat

3. Olga Lydia – Curhat Buat Sahabat

4. Happy Salma – Hanya Isyarat

5. Cathy Sharon – Cicak-Cicak di Dinding.

Meski film ini terdiri dari 5 judul dan 5 cerita yang masing-masing lepas dan berdiri sendiri, namun benang merah film ini mampu dirangkai dengan apik menjadi satu cerita cinta yang tak biasa. Tentang cinta yang kerap tak terucap dalam kata. Cinta diam-diam, yang boleh jadi merefleksi cinta banyak insan.

“Bagi saya, cerita-cerita ini karya Dee yang terbaik: matang tapi tetap dengan rasa murni, sederhana tapi menampilkan apa yang luar biasa dari permukaan yang biasa.” – Goenawan Mohammad –

***

Judul novel     :  Rectoverso

Penulis           :  Dewi lestari / Dee

Penerbit         :  Goodfaith Production

Tahun terbit   :  2008

Halaman        :   148

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s