TIPS MENULIS BUKU BEST SELLER DARI DEWI “DEE” LESTARI


Dewilestari

Menulis sebuah buku bukanlah hal yang mudah, apalagi membuatnya menjadi best seller, pasti butuh perjuangan yang luar biasa yaaa 🙂

Bertanya pada penulis buku best seller seperti Dewi “Dee” Lestari tentu langkah yang tepat untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana menulis buku hingga disukai masyarakat dan menjadi best seller. Wanita yang akrab disapa Dee itu telah menulis serial Supernova, Filosofi Kopi, Madre dan Perahu Kertas, yang semuanya best seller.

Menurut Dee, ia tak percaya bahwa ada formula khusus yang bisa membuat sebuah buku menjadi best seller. Kalau ada formulanya, menurutnya, hal itu tentu telah dipraktekkan oleh semua penerbit yang tentunya ingin buku-buku terbitan mereka laris di pasaran. Buktinya, kata Dee, banyak buku yang dipromosikan dengan gencar, tetapi sambutannya biasa-biasa saja, sedangkan sebaliknya, banyak juga buku yang tahu-tahu mencuat, padahal ditulis oleh penulis baru dan tidak menggunakan biaya promosi yang besar.

Karenanya, kata Dee seperti dikutip Kompas.com, “Itu adalah gabungan kompleks antara timing, tema, pemasaran, selera masyarakat, dan masih banyak lagi faktor lain, yang jika dirangkum dengan satu kata mungkin menjadi: keberuntungan.”

Lalu, untuk buku Dee sendiri, apa tips menulis yang membuat buku-bukunya laris?

  1. Membuat buku yang mampu menstimulasi diri sendiri.

“Prinsip saya sederhana, yakni menulis buku yang ingin saya baca. Jika ternyata banyak orang lain yang baca, barangkali mereka punya kesamaan minat dengan saya, hingga akhirnya mereka bisa relate dengan karya saya, yang artinya mereka tertarik pada substansinya”

  1. Perhatikan diksi dan olah bahasa dari tulisan kita. “

“Diksi dan kemampuan mengolah bahasa juga menjadi hal penting. Ide besar dan cemerlang, tetapi ketika dibungkus dengan bahasa yang tumpul atau berantakan, tentu tidak jadi menarik lagi. Jadi, kedua hal itu sama pentingnya.”

  1. Keseriusan dan totalitas agar menghasilkan karya yang bagus.

“Saya merasa harus mengenal dengan baik apa yang saya tulis, karakter yang saya ciptakan, dan lingkungan mereka. Dengan demikian, barulah pembaca pun bisa teryakinkan. Jadi, unsur believability juga penting,”

Dee sampai harus melakukan riset terlebih dahulu loh untuk menyempurnakan hasil karyanya. Jika itu terkait pengalaman orang lain, maka ia akan mewawancarai yang bersangkutan terlebih dulu.

Wah menarik banget yaaa. Jika kamu memang berniat untuk menjadi penulis yang hebat, tips-tips dari Dee diatas nampaknya bisa kamu coba mulai saat ini 😀

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber : http://blog.printondemand.co.id/tips-menulis-buku-best-seller-dari-dewi-lestari/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s