6 Langkah Jitu Membaca Super Cepat


Salah satu masalah terbesar yang dimiliki para pencinta buku: membeli banyak buku yang menarik tapi tidak punya waktu untuk membaca. Nah yo, pasti kamu juga pernah mengalami hal yang sama kan? Akhirnya buku-buku tersebut hanya menumpuk di kamar kalian.

Jadi harus gimana? berhenti belanja buku?

Sebagian besar bibliophile akan bilang: NO WAY!

Nah ada alternatif nih supaya kalian tetap belanja buku, tapi tidak jadi percuma. Membaca lebih cepat!

Yup, simpel banget kan? Kalau kecepatan membaca kalian bertambah maka lebih banyak buku yang dapat kalian baca dalam sekali kesempatan membaca.

Gimana caranya?

Teknik membaca cepat bukanlah jurus-jurus maut atau aji-ajian sakti yang bisa kalian dapatkan hanya dengan semedi. Teknik membaca cepat harus terus dilatih agar mata dan otak kalian terbiasa dengan teknik ini.

Berikut 6 langkah jitu untuk melatih kemampuan membaca cepat kalian:

1. Berhenti membayangkan kata yang kalian baca!

Saat membaca, sadar tidak sadar, kalian akan membayangkan bagaimana kata tersebut diucapkan. Walaupun tidak dilakukan dengan gerakan mulut, namun besar kemungkinan kalian masih membayangkan gerakan mulut seperti melafalkan kata tersebut keras-keras. Hal ini mungkin berguna saat membaca bacaan yang sulit, namun dalam berbagai kesempatan malah dapat mengganggu.

Apa yang harus kalian lakukan:

– Berhenti membaca sejenak ketika kalian menyadari hal ini terjadi.

– Bila tidak bisa berhenti, coba saat sambil membaca kalian ucapkan “A, I, U, E, O” secara perlahan. Bila pengucapan itu mengalihkan perhatian kalian. Berhenti sejenak.

– Bila secara tidak sadar lidah kalian bergerak saat membaca, gunakan jari kalian untuk menahan gerakan tersebut. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan ini.

2. Kelompokkan kata saat membaca!

Bagi teks yang kalian baca dalam kelompok kata dibanding membaca kata satu-persatu. Latihlah kemampuan kalian dalam membaca dan memahami kelompok kata, hal ini dapat mengurangi pergerakan mata sehingga dapat membaca dengan lebih cepat.

Apa yang harus kalian lakukan:

– beri jarak baca lebih jauh dari biasanya sehingga kata yang terbaca dapat lebih banyak.

– usahakan agar rileks. fokus dan tegang akan menghalangi kalian untuk melihat di luar wilayah pusat penglihatan kalian (periferal).

– gunakan pensil atau benda lain untuk menggiring pandangan kalian selama membaca. Usahakan pensil atau benda lain tersebut berada sedikit di atas atau di bawah teks agar area pandangan kalian lebih lebar.

3. Jangan baca sebuah kalimat berulang-ulang!

Banyak orang yang mengulang membaca kata atau kalimat sebelumnya untuk memastikan bahwa mereka mengerti maksud dari teks yang mereka baca. Hal ini sering kali tidak dibutuhkan dan sangat memperlambat proses membaca.

Apa yang harus kalian lakukan:

– gunakan alat bantuan seperti kertas atau benda lain yang dapat digunakan untuk menutup kata atau kalimat yang telah kalian baca. Hal ini memaksa kalian untuk terus membaca tanpa  harus mengulang membaca kata atau kalimat sebelumnya.

4. Pilih tempat yang nyaman untuk membaca!

Pilihlah tempat yang tenang dengan pencahayaan yang mencukupi untuk membaca. Sebagian orang menganggap bahwa mereka tetap dapat membaca dengan baik ketika mendengarkan musik ataupun berada di sebuah kedai kopi yang ramai. Namun, kalian akan dapat memahami buku yang kalian baca dengan lebih baik dalam keadaan yang tenang.

Apa yang harus kalian lakukan:

– Cari tempat yang tenang. Matikan HP, TV, ataupun Radio yang dapat mengganggu kalian ketika membaca.

– Pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting. Pastika kalian memiliki cahaya yang cukup ketika membaca.

– Membaca di atas kasur kemungkinan besar berakhir dengan tidur yang nyenyak. Jadi, bila kalian ingin membaca, usahakan duduk saat membaca dengan sudut membaca sekitar 45º

5. Membacalah dalam keadaan yang terbaik!

Sebagian besar orang memiliki waktu prima pada saat pagi hari, sebagian lagi mungkin pada siang hari. Gunakanlah waktu prima kalian untuk membaca.

Apa yang harus kalian lakukan:

– Prioritaskan hal yang akan kalian baca. Baca hal yang penting pertama, saat mata dan otak kalian berada dalam keadaan prima.

– Selalu munculkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dapat dijawab pada bagian teks berikutnya. Hal tersebut dapat menjaga perhatian kalian pada buku yang kalian baca.

6. Atur kecepatan membaca!

Jangan takut untuk membaca kembali bila hal tersebut harus dilakukan untuk mengerti maksud dari hal yang kalian baca. Pembaca yang baik membaca dengan perlahan pada bagian yang memang sulit untuk dimengerti dan membaca dengan cepat pada bagian yang telah familiar atau telah dimengerti. Gunakan perubahan kecepatan membaca ini dengan baik maka kalian dapat membaca lebih cepat tanpa mengurangi kualitas membaca.

6 langkah di atas membantu kalian untuk membaca lebih cepat. Teruslah latih kemampuan membaca kalian, sehingga buku yang telah terbeli tidak akan hanya menumpuk di atas meja atau lemari kalian.

Coba cek juga katalog kami, banyak buku yang menarik untuk kalian baca loh!

Selamat membaca!

(sumber: How to learn speed reading)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s