Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia


Siapa yang tidak kenal dengan Soekarno, atau yang akrab dipanggil dengan Bung Karno, salah satu pendiri Republik Indonesia yang kini telah berusia 69 tahun ini.

penyambung lidah rakyat

Kisah-kisah epos perjuangan beliau tentang keluar masuk penjara politik, perlawanan-perlawanan terhadap kolonialisasi, dan memimpin sebuah negeri dengan beragam etnis dan agama dengan kesetaraan sebagai ide sosialnya, menjadikannya salah satu tokoh paling berpengaruh di Indonesia, bahkan di mancanegara.

Tapi sosoknya yang kharismatik dan menawan juga merupakan salah satu sisi kontroversial dari pria yang memiliki darah Bali ini. Kecintaanya pada seni, keindahan, dan wanita merupakan salah satu dari banyak hal yang menjadi kritik bagi lawan-lawan politiknya. Selain itu, banyak juga upaya-upaya pengecut untuk memelintirkan kisah hidup beliau.

Aku ini bukan apa-apa tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, aku berjuang karena rakyat dan aku penyambung lidah rakyat.

Cindy Adams, Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang disusun oleh Cindy Adams dengan judul asli Soekarno: an Autobiography as Told to Cindy Adams diterjemahkan secara ketat (terhadap teks asli) ke dalam Bahasa Indonesia oleh Syamsul Hadi untuk edisi yang terbaru. Terlepas dari proses interpretasi, edisi terbaru buku ini menggambarkan dengan baik alur bercerita seorang Cindy Adams.

Buku ini pertama kali diterjemahkan pada tahun 1997 dengan judul yang sama. Namun, seperti yang diklaim oleh Yayasan Bung Karno, buku terjemahan edisi pertama (non-revisi) memiliki beberapa kesalahan penerjemahan yang menyebabkan kesalahan yang substansial pada konten buku tersebut sendiri. Sehingga buku ini mengalami beberapa kali revisi sebelum diterbitkan kembali.

Sebenarnya hal ini sangat menarik karena dari proses produksi buku ini kita dapat melihat sebuah contoh kecil dari sejarah yang tak kunjung selesai, tak pernah mapan. Dan karena itu pula buku ini, secara pribadi, saya nilai layak dijadikan sebuah referensi untuk kalian yang tertarik dengan sejarah Bapak Bangsa ini.

Cindy Adams menyajikan kisah luar biasa dari seorang Soekarno menggunakan bahasa yang ringan, alur berpikir yang sistematis, dan sudut pandang orang pertama, sehingga menggiring pembaca untuk masuk ke dalam kisah kehidupan Bung Karno dengan lebih intim.

Sebuah otobiografi tak berbeda dengan pembedahan mental. Sangat sakit. Melepas plester pembalut luka-luka dari ingatan seseorang dan membuka luka-luka itu, banyak diantaranya yang mulai sembuh terasa perih.

Cindy Adams, Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Buku ini merangkum perjalanan hidup Bung Karno: dari masa kecilnya sebagai Kusno, kehidupannya remajanya menuntut ilmu di Technisce Hoogeschool Bandung, pertemuannya dengan Inggit Ganarsih, pidato-pidato politiknya, pandangan Marhaenismenya, serta perjuangannya tanpa henti untuk kemerdekaan bangsanya, Indonesia.

Buat kalian yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh kisah hidup Bung Karno lewat buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia (revisi 2) karya Cindy Adams ini dapat langsung menghubungi kami untuk peminjaman.

Selamat Membaca!

***

Detail:

Judul : Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat
Pengarang : Cindy Adams
Alih Bahasa : Syamsul Hadi
Penerbit : Media Pressindo
Tebal halaman : 430
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s