Local Champion : Jurus Utama Jadi Juara Lokal


Local Champion INKUBUKU

Sukses si satu kota, belum tentu sukses di kota lain. Apalagi di Indonesia tiap daerah punya kekhasan masing-masing. Pendekatan terhadap kearifan lokal penting untuk diaplikasikan pada sisi produk dan pemasaran yang dilakukan. Kurang lebih itu yang ingin disampaikan oleh buku Local Champion yang disusun oleh Hermawan Kartajaya dan Markplus.

Menariknya buku ini adalah karena disusun oleh Markplus, perusahaan yang paham benar akan marketing. Riset yang dilakukan di 16 kota besar di Indonesia membuat buku ini semakin ‘gemuk’. Tapi, bagi saya – pemula di dunia marketing – pengambilan studi kasus dengan contoh perusahaan besar menjadikan buku ini lebih pas untuk pemasar yang memang telah ‘jadi’.

Karena buku ini bentuknya adalah studi kasus, buku ini cocok banget sama kamu yang suka baca rubrik FYI di majalah. Banyak yang tidak terduga. Memasarkan dengan konsep kedaerahan memang sangat spesifik. Meskipun bentuknya studi kasus, tapi kamu masih bisa mendapatkan poin-poin strategis semacam panduan untuk merancang strategi pemasaran di daerah.

Terakhir, buat kamu yang masih ragu-ragu untuk memulai bisnis ataupun cuma ingin tahu hal ringan seputar marketing, mending jangan beli buku ini. Kalau masih penasaran, pinjem aja dulu ke teman atau perpustakaan. Buku level medium kalau kata saya mah.

Selamat membaca 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s