Things We Can Learn From Nelson Mandela


Siapa yang tidak mengenal Nelson Mandela? Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan sebagai Presiden Afrika Selatan (karena sebelumnya orang-orang kulit putih lah yang selalu memegang kursi kekuasaan di Afrika selatan) dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pemilu apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Tetapi untuk membebaskan bangsanya dari masalah perbudakan dan diskriminasi ras ini, Nelson Mandela harus menanggung risiko menghabiskan seperempat abad lebih hidupnya di dalam penjara yang terletak di Pulau Robben, Cape Town yang kemudian dipindahkan ke Penjara Pollsmoor, Afrika Selatan. Namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk terus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran.

Nelson Mandela meninggal pada usia 95 tahun pada bulan Desember 2013. Hidupnya, karyanya, dan kata-katanya menginspirasi generasi muda dalam berbagai hal. Semasa hidupnya, ia banyak memberi pelajaran tentang kekuatan, martabat, kepemimpinan, keberanian. Bill Clinton pun sempat memberikan opininya mengenai Nelson Mandela, “Mungkin pelajaran terbesar terutama bagi kaum muda. Ia mengajarkan bahwa kita semua masih memiliki kebebasan dan tanggung jawab untuk memutuskan bagaimana merespons ketidakadilan, kekejaman, dan kekerasan, dan bagaimana cara mereka memengaruhi jiwa, hati, dan pikiran Anda.”

Mandela bukan hanya pemimpin, melainkan juga ikon, inspirasi, dan guru kehidupan karena ia tidak hanya mampu menginspirasi dan memotivasi rakyatnya saja, tetapi juga ratusan juta masyarakat di belahan dunia lainnya. Berikut ada beberapa kata-kata mutiara dari seorang Nelson Mandela yang kiranya dapat menginspirasi kita semua:

***

 ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s