To Kill a mocking bird: The book that everyone should read at least once in their lifetime


‘To Kill a Mockingbird’ adalah sebuah novel karangan Harper Lee yang diterbitkan pada tahun 1960. Novel ini pun langsung meraih sukses dengan memenangkan Pulitzer Prize dan menjadi sejarah dalam literatur modern Amerika. Plot cerita dan karakter-karakter yang terdapat dalam novel ini didasari pada pengamatan penulis terhadap keluarga dan tetangga-tetangganya, serta kejadian-kejadian yang terjadi di sekitarnya pada tahun 1936, ketika penulis masih berumur 10 tahun.

Novel ini terkenal karena bahasanya yang hangat dan penuh humor sekalipun isu-isu yang dibahas merupakan isu serius seperti pemerkosaan dan diskriminasi ras. Sebagai novel yang dikategorikan bergenre Southern Gothic dan Bildungsroman, ‘To Kill a Mockingbird’ memiliki tema utama yang mengangkat isu-isu perlakuan ketidak-adilan terhadap ras tertentu (racial injustice) dan penindasan terhadap orang-orang tidak bersalah yang marak terjadi di Amerika pada saat itu.

Novel ini telah direview oleh setidaknya 30 koran dan majalah. Baru-baru ini, ‘To Kill A Mockingbird’ dinobatkan menempati peringkat teratas setelah injil dalam daftar “buku yang harus dibaca seseorang sebelum ia meninggal” (“every adult should read before they die”). Pada tahun 1962, buku ini diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama dengan arahan sutradara Robert Mulligan, dan berhasil mendapatkan piala Oscar. Sejak tahun 1990, drama yang didasarkan pada cerita buku ini dimainkan secara rutin di Monroeville, Alabama, kampung halaman sang penulis, Harper Lee. Hingga saat ini, ‘To Kill A Mockingbird’ merupakan satu-satunya karya Lee yang diterbitkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s