Bagaimana mereka bisa tahu?


“This is a book about how it happened – in particular, how we went from there being nothing to there being something, and then how a little of that something turned into us, and also some of what happened in between and since.”

Setelah membaca ini saya langsung tahu buku inilah yang saya cari.

Sebuah buku sains popular yang dikarang oleh Bill Bryson berjudul A Short History of Nearly Everything. Saya bukan mengambilnya dari rak buku hanya karena tidak sengaja. Sejujurnya, dari judulnya saja saya sudah mendapatkan kesan bahwa buku ini mengandung cerita yang luar biasa. Dan ternyata harapan saya terpenuhi. Bahkan lebih dari itu.

Short History of Nearly Everything by Bill Bryson

Buku ini bercerita tentang awal terbentuknya alam semesta hingga dunia yang kita ketahui sekarang. Di dalamnya disajikan fakta-fakta sains yang cukup akurat dan detail. Luar biasanya, fakta-fakta yang disajikan itu bukannya membuat kita mengantuk malah membuat kita tercengang. Kemampuan Bill dalam mengolah kata dan menempatkannya dalam alur yang tepat membuat buku ini menjadi sangat bersahabat. Analogi dan metafora yang digunakan juga sangat mudah dicerna sehingga pokok bahasan yang dibicarakan menjadi sangat jelas. Bahkan saya akui, 12 tahun belajar sains jadi tidak berarti apa-apa. Itulah yang menjadi kekuatan dari pengarang asal Amerika ini.

A Short History of Nearly Everything dibuat dengan sangat komprehensif. Lebih dari 250 jurnal ilmiah dan buku menjadi acuan dalam penulisan buku yang hanya bertebal 700 halaman ini. Bill memang diberi bakat yang luar biasa untuk menyatukan ratusan fakta-fakta ilmiah tersebut menjadi sebuah kesatuan cerita yang mengalir halus. Pemilihan diksi dan istilahnya pun sangat mudah dipahami bahkan untuk orang awam sekalipun.

Selain membahas tentang atom, Matahari, Bumi, atau Dinosaurus sebagai objek, buku ini juga menyisipkan kisah hidup para penemu, pencetus dan orang-orang yang berperan penting dalam kemajuan sains. Ilmuwan seperti Darwin, Newton, Einstein, dan banyak lagi menjadi karakter utama dalam masing-masing bab yang menceritakan tentang mereka. Tidak heran kalau buku ini lebih layak disebut novel sains dibanding literatur ilmiah.

Buku ini terdiri dari 30 bab yang terdiri dari 6 bagian besar perjalanan kehidupan alam semesta dari dimulai dengan Big Bang hingga era digital kini. Setiap bagian dirangkai dengan cerdas sehingga membuat pengalaman membaca yang begitu mengalir. Jangan kaget kalau buku ini bisa kamu habiskan hanya dalam waktu sehari.

Secara pribadi, bagian yang paling menarik dari buku ini adalah bagian pertama, Lost in The Cosmos. Bagian ini menceritakan tentang awal mula alam semesta tercipta hingga planet Bumi terbentuk. Keunikan Bill Bryson dalam mengembangkan sebuah alur dengan fakta sebagai mata rantainya sangat menonjol pada bagian ini. Bill dengan sempurna, secara emosional, menggambarkan bagaimana ketidakteraturan dalam alam semesta ini terkompensasi untuk membentuk sebuah kehidupan. Banyak kiasan dan perumpamaan yang digunakan oleh Bill yang membuat saya berpikir lebih dalam tentang eksistensi mahluk hidup di alam semesta ini. Saking terpesonanya dengan tutur kata yang digunakan membuat saya membaca bagian ini hingga lebih dari 10 kali! Bravo buat Bill Bryson!

Buku ini, menurut saya, tetap saja tidak luput dari kekurangan. Beberapa bagian di tengah-tengah buku terasa monoton, datar. Pengulangan juga terjadi pada beberapa bagian dalam buku ini. Walaupun begitu, secara keseluruhan buku ini merupakan salah satu buku dengan tema sains popular terbaik. Riset yang mendalam dan kemampuan bahasa yang sangat baik dari Bill Bryson sudah lebih dari cukup untuk membuat buku ini lebih hidup. Untuk kalian yang menyukai sains buku ini merupakan pilihan yang tepat untuk menambah wawasan anda.

***

Penulis :

DSC05240 300p

Gede Surya Marteda

@GedeMarteda

linguist and science addict

Advertisements

2 comments

  1. I just ought to tell you which you have written an exceptional and distinctive post that I really enjoyed reading. Im fascinated by how nicely you laid out your material and presented your views. Thank you. fgffbecffkdg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s