Tree of Codes: Buku Sebagai Karya Seni


Image

Dunia literatur tidak luput dari geliat era digital. Kini sudah tidak aneh lagi menemukan berbagai ragam buku dalam bentuk digital atau bahkan yang khusus dibuat hanya dalam bentuk e-book.

Hal ini memberikan nuansa baru dalam dunia sastra pada khususnya, dan literatur pada umumnya. Ketertarikan masyarakat pecinta buku pun meningkat karena kemudahan akses dan harga yang lebih murah yang ditawarkan oleh buku dalam bentuk digital ini.

Dilansir dari data Forbes, penjualan e-book hingga kuarter ketiga tahun 2010 mencapai 119 juta Dollar atau setara dengan 1,3 triliun Rupiah. Bukan tidak mungkin buku digital ini akan menggantikan posisi dari buku cetak yang telah lama menjadi favorit di hati para pencinta literatur.

Pertanyaan yang muncul kini adalah: nasib apakah yang menunggu buku cetak di masa depan?

Banyak yang beranggapan bahwa buku cetak akan perlahan-lahan menghilang dari peredaran dan nasibnya akan mengikuti prasasti atau manuskrip dari lontar dan papirus, yakni berakhir di museum.

Jonathan Safran Foer, penulis novel best-seller asal Amerika, ternyata punya pendapat lain.

Lewat Tree of Codes, Jonathan menciptakan sebuah definisi baru untuk buku itu sendiri.  Dia berusaha bereksperimen dengan memberikan bentuk yang berbeda pada novel terbarunya tersebut.

Alih-alih seperti buku biasanya yang ditulis sendiri oleh penulisnya, dia menggubah buku favoritnya, The Street of Crocodile. Buku karya Bruno Schulz tersebut menjadi kanvas untuk cerita yang ingin dibangunnya.

Caranya? Dengan menggunting beberapa kata dari halaman buku tersebut dan menyisakan kata-kata yang menjadi cerita sesungguhnya. “Membaca Tree of Codes ini pastinya akan memberikan pengalaman yang sungguh berbeda dalam mendalami suatu cerita,” ujar Jonathan dalam video promosinya.

Hal yang dilakukan Jonathan ini jelas membuka pintu pemahaman baru tentang apa yang bisa dilakukan dengan buku cetak sekaligus menghadirkan kemungkinan-kemungkinan yang menarik dalam dunia literatur secara umum.

***

Penulis :

DSC05240 300p

Gede Surya Marteda

@GedeMarteda

linguist and science addict

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s