Berani Mengubah : Berkarya Sesuai Passion


Pandji Pragiwaksono seakan tanpa pernah kenal lelah untuk terus berkarya demi membangun Indonesia yang lebih kuat. Karya yang ia suguhkan meskipun bertema berat namun ia bungkus dengan sederhana dan gaya yang mudah dipahami. Berani Mengubah merupakan buku kedua dari Pandji yang bercerita tentang Indonesia.

Berani Mengubah

Di buku Berani Mengubah, Pandji berusaha untuk menceritakan realita bangsa yang lebih kompleks daripada buku sebelumnya yaitu NASIONAL.IS.ME. Bukan cuma rasa manis yang disuguhkan, asin, asam dan pahitpun menjadi bumbu buku ini. Berani Mengubah merupakan rangkuman Indonesia saat ini. Tapi bukan hanya sekedar untuk tahu, Berani Mengubah semacam panduan berperang. Bagi setiap pemuda Indonesia yang ingin berperang untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik, saya rasa Berani Mengubah adalah amunisi terbaik.

Pada buku ini, Pandji menceritakan tentang pengetahuan serta kondisi politik, hukum dan ekonomi Indonesia dengan cara yang mudah dimengerti. “Ketidakpedulian kita membawa korban. Korbannya diri kita sendiri, rakyat Indonesia”, begitu tulis Pandji. Satu hal yang saya pelajari dari buku ini, politik bukanlah hal yang buruk.

Salah satu bab yang cukup menarik pada buku ini adalah “Memahami Indonesia”. Sebelum kita bergerak untuk Indonesia, sebetulnya kita harus paham dulu Indonesia. Dengan paham, apa yang menajdi masalah dapat dirunut dan dicari solusinya. Memang tidak semudah itu mewujudkannya. Untuk itulah harus ada keberanian. Berani Mengubah.

Sekali lagi, Indonesia adalah negara yang kaya akan perbedaan. Menyeragamkan Indonesia menjadi satu ragam justru akan mengkerdilkan negeri ini. Menjadi Indonesia adalah dengan bersatu dengan perbedaan yang ada, bukan menjadi satu.

Berani Mengubah bukan mengajarkan kita untuk berkarya di bidang politik, ekonomi atau hukum. Kembali pada NASIONAL.IS.ME, kenali Indonesia, temukan passion-mu dan berkaryalah untuk masa depan bangsa. Berani Mengubah mengajarkan kita untuk fokus terhadap apa yang bisa kita kerjakan dengan usaha paling maksimal. Dan tentu dengan selalu peduli terhadap realita yang terjadi di Indonesia. Peduli dan menjadi bagian perubahan Indonesia. Indonesia mendunia bukanlah hal yang mustahil bagi para pemudanya yang berani mengubah.

***

Penulis :

cahyoga

Cahyoga Agung Y

@cahyoga

mahasiswa, 22 tahun, penikmat karya kreatif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s